Aktivitas

Suka Duka ODHIV Milenial

Perkenalan saya dengan Acep Gates, atau yang biasa saya panggil Kang Acep, adalah saat saya menghadiri mini seminar di mana beliau menjadi narasumbernya. Dalam seminar tentang toleransi itu, beliau membagi kisah pengalamannya bergelut dengan HIV. Saya sangat tersentuh dengan kisah beliau, kisahnya adalah salah satu contoh alasan mengapa Dokter Tanpa Stigma ini dibentuk.

Positif HIV sejak Oktober 2018 Acep menyadari bahwa kondisi ini akan sangat mengubah kehidupannya maka ia berniat membuat video diary di kanal Youtube, untuk memoir pribadi. Siapa sangka, video diary yang ia buat banyak ditonton, banyak disukai dan banyak orang merasa relate dengan pengalaman beliau.

Sejak itu dan dari sanalah status HIV-nya mulai diketahui orang banyak termasuk keluarganya. Respon negatif mulai berdatangan, mulai dari keluarga besar yang tidak mau bersalaman sampai komentar penuh ancaman di kolom Youtube-nya.

Tapi Acep tidak patah, berbarengan dengan respon negatif, jauh lebih banyak respon positif yang ia terima. Tidak hanya dalam bentuk dukungan di komentar tapi juga teman-teman baru yang terinspirasi oleh kisahnya dan mulai memberanikan diri untuk ikut berbagi pengalaman. Inilah yang membuat Acep terus konsisten mengedukasi lewat berbagai media sosial. Meskipun banyak tantangan dan hambatan, Acep selalu kembali bangkit dan memulai lagi.

Acep berharap generasi milenial lebih proaktif untuk mencari informasi tentang HIV dan IMS lainnya di internet yang sangat mudah ditemukan sekarang, belajar kritis memilih informasi yang tepat dan berani untuk membuat gerakan/tindakan nyata, tidak hanya tentang isu HIV saja tapi juga isu kespro lainnya. Dan untuk teman-teman ODHIV yang baru mengetahui statusnya atau masih belum bisa menerima status HIV-nya, Acep merangkul dan mengajak untuk berusaha berpikir positif, HIV bukan akhir dari segalanya, masih banyak hal baik yang bisa dilakukan, dimulai dengan mencari informasi komprehensif dan akses untuk obat dan perawatan.

Menjadi ODHIV di era teknologi bagaikan 2 sisi mata uang. Di satu sisi, semua informasi lebih mudah untuk dicari, teman lebih mudah didapat, tapi di sisi lain komentar jahat pun lebih mudah masuk, hujatan juga mudah diterima. Tergantung kita mau memilih bersikap positif atau penuh kepahitan.

Kalian bisa dengarkan obrolan lengkap dengan Acep Gates di Spotify Podcast.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s